Kamis, 28 Januari 2010

mengkudu

tahukah teman-teman apa itu mengkudu ? apa ia terdengar seperti bahasa daerah ? mungkin iya. tapi sebenarnya mengkudu adalah nama buah. buah yang mempunyai nama latin Morinda citrifolia sering juga disebut sebagai buah pace. kadang-kadang saya sendiri berpikir, mengapa ia dinamakan buah pace ? pada awalnya saya mengira bahwa nama panggilan tersebut ada hubungannya dengan nama latinnya. tapi setelah saya tahu nama latinnya, semakin bertambahlah kebingungan saya akan darimana nama 'pace' untuk mengkudu. kurang lebih buahnya seperti ini :



nah seperti itulah buah mengkudu, mungkin rupa masih kalah menarik dibandingkan buah-buah lainnya, karena mungkin bagi sebagian orang permukaan berbentol-bentol bukanlah sesuatu yang mengasyikkan. tapi dibalik buah yang kurang menarik tersebut, ternyata terdapat berbagai macam khasiat yang tidak dimiliki oleh buah lain. sebut saja untuk membersihkan endapan lemak darah, mengobati sakit kuning, menstabilkan tekanan darah dan masih banyak lagi, diantaranya mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor, menyembuhkan penyakit kulit, menghilangkan gatal-gatal, menghilangkan ketagihan rokok, dan membantu sistem kesuburan lelaki dan wanita. selain itu, ternyata mengkudu juga memiliki khasiat analgesik (meringankan rasa sakit), meningkatkan tenaga, mengurangi stress dan sebagai anti-oksidan.

banyak sekali khasiatnya bukan ? apa teman-teman tidak tertarik untuk mencoba ? eeits.. tunggu dulu, masih ada rintangan terakhir yang harus kalian tempuh sebelum bisa mendapatkan semua khasiat itu. yaitu... RASANYA ! ya, rasa dari buah ini sangat pahit, permukaan jus (setelah buah di blender) juga seret, jadi akan timbul keraguan untuk melanjutkan meminum setelah teman-teman mendekatkan gelas ke hidung untuk minum dan mulai minum seteguk. rasa saja belum cukup, mungkin bagi sebagian orang rasa dari mengkudu tidaklah pahit, karena mereka beranggapan bahwa yang namanya pahit itu rasanya pare, sedangkan mengkudu rasanya tidak seperti pare, maka ini tidak bisa dibilang pahit. hal lain yang harus diperhatikan adalah... AROMA dari buah ini (saya tidak bilang baunya). setelah meminum atau mungkin mengendus terlebih dahulu sebelum diminum, inilah faktor yang sering membuat orang awam(orang yang baru ingin mencoba) untuk mundur. mengkudu punya aroma tersendiri yang tidak bisa diterima oleh sebagian orang. pasalnya, aroma itu akan terus ada selama beberapa saat setelah dihabiskan, jadi sudah pasti sang peminum akan 'tersiksa' sedikit lebih lama.

untuk meminimalisir orang-orang awam yang ketakutan untuk mencoba, maka dibuatlah formula untuk mempersedap dan mewangikan jus mengkudu ini. diantaranya adalah :
mengkudu + jeruk nipis(untuk mengurangi aroma asli buah) + sirup (untuk mengurangi rasa asli buah)
inilah resep yang pernah saya coba dan tidak begitu buruk untuk pemula seperti saya (setidaknya tidak membuat saya trauma). masih banyak resep-resep lain yang bisa dicoba untuk dipadukan dengan mengkudu ini, diantaranya bisa jadi dicampur dengan madu, gula ataupun pemanis lainnya.
namun, bagi sebagian orang, yang sudah benar-benar butuh akan khasiat mengkudu, mereka tidak akan lagi merisaukan aroma dan rasa, tinggal tahan napas, glukglukglukglukgluk, aaaaahhh.... sehaaaat !

sumber : ekafood.com

Tidak ada komentar: