Minggu, 07 Agustus 2016

Review Week 1

Materi Pekan 1 Fase 0

Mempelajari Dasar-dasar Pemrograman

Pada pekan pertama kelas online yang diadakan oleh Hacktiv8, kami mempelajari dasar-dasar pemrograman secara umum, Kami juga dikenalkan dengan aplikasi yang umum dipakai para developer seperti Slack, Git dan GitHub. Selain itu kami juga dikenalkan dengan bahasa yang dipakai untuk men-design sebuah web, yaitu HTML dan CSS untuk menghiasnya. 

Secara umum, materi yang kami dapatkan pekan ini adalah :

1. Mengenal Git dan GitHub


Git adalah sebuah aplikasi version control yang biasa digunakan seorang developer. Aplikasi ini terhubung dengan sebuah web bernama GitHub. GitHub ini bentuknya adalah seperti forum komunitas developer yang memiliki kemampuan bagi para developer untuk dapat saling merevisi projrct satu sama lain dan melihat hasil dari revisinya tersebut secara terpisah. Dari sini kemudian kami mempelajari hal-hal berkaitan yang menunjang pembelajaran untuk Git dan GitHub, misalnya: 
  • Belajar command line lebih lanjut, karena Git menggunakan perintah command line.
  • Membuat web pada Github 
  • Clone repositori ke local (local = PC)
  • Mempelajari perintah tambahan seperti add, commit, push, pull pada Git.
  • Memahami cara kerja Git lebih lanjut dengan cara terus menggunakannya

2. Mengenal HTML dan CSS


HTML dan CSS adalah bahasa yang umum digunakan pada pemrograman. Kali ini kami dengan pengetahuan secukupnya diinstruksikan untuk membuat dan mengembangkan website yang telah dibuat pada GitHub. 

Secara umum, HTML berfungsi sebagai struktur konten pada sebuah web dengan default strktur berupa: html, head, body. Dari struktur utama ini kemudian banyak tag tambahan untuk pengaturan posisi halaman web, seperti div,  span , dll. Pada html juga dilakukan "pendefinisian variabel" yang dilakukan dengan cara menambahkan "class" ataupun "id" pada bagian tertentu.

Sedangkan CSS berfungsi sebagai penentu style dari variabel yang sudah dideklarasikan pada HTML. Contoh: position, width and height, dll.

Selanjutnya kami juga diminta untuk mempelajari basic HTML lebih lanjut, seperti menggunakan meta data, header, footer, komentar, paragraf, table, gambar dan form. 

Lalu kami juga mempelajari basic CSS, yaitu membuat style pada page dengan color, background color, font size, position, height, weight, border, transition, animation, dsb.
Mempelajari aturan penulisan HTML juga ternyata sangat penting karena harapannya semua developer memiliki skill standar terkait penulisan HTML.

Setelah kami (dianggap) paham tentang hal tersebut, selanjutnya kami membuat artikel dan news. Mulai dari sini pembelajaran mulai fokus kepada konten dan aplikasi.


3. Menganalisa dan memahami dasar-dasar suatu website

Dalam hal memahami dan menganalisa suatu website, kami diberikan tugas sebagai berikut :

  • Mempelajari proses pembuatan website
  • Mengenal wireframe
  • Mengenal design thinking
  • Mengevaluasi UI (User Interface) dan UX (User Experience) sebuah website
  • Memahami perbedaan AWD (Adaptive Web Design) dan (RWB (Responsive Web Design)

Dengan melihat materi yang diberikan, saya menyadari jika membuat website yang powerful dan beautiful tidaklah mudah. Untuk membuat website yang powerful dan high-impact kita membutuhkan sebuah goal yang jelas, target viewers yang sesuai dan melakukan evaluasi secara berkala dan terukur. Sedangkan untuk membuat website yang beautiful dan colorful, kita harus melihat dari sudut pandang viewers, mengerti apa yang orang butuhkan ketika berkunjung ke web kita, dan bagaimana kita membuat pengunjung nyaman dengan tampilan web kita.

Maka dari itu munculah suatu terminologi baru dalam cabang ilmu computer science, yaitu Adaptive Web Design dan Responsive Web Design. Kedua hal ini merupakan tuntutan dari UX karena perkembangan teknologi telah melahirkan device dengan berbagai macam ukuran, dan hal ini merupakan tantangan bagi tiap developer untuk dapat membuat tampilan web sebaik mungkin yang dapat diimplementasikan ke berbagai macam devices.

4. Mengevaluasi Core Value dan Refleksi Diri

Setelah kita mempelajari berbagai hal mengenai website, kami diarahkan untuk mengenal diri sendiri lewat core value. Apa itu core value? Secara umum CV adalah nilai-nilai yang akan selalu kita pegang dan bawa dalam setiap fase hidup kita, baik saat kita senang maupun susah. Dengan kita menyadari adanya CV ini kita diharapkan memahami apa goals dan pegangan kita untuk menjalani kehidupan kita. Karena mengenal diri sendiri sangat penting supaya tidak kehilangan arah dalam hidup. Dari sekumpulan nilai yang disediakan, saya memilih 8 nilai ini sebagai Core Value saya :

ADIL; BERANI; BIJAK; HARGA DIRI; INTEGRITAS; KOMITMEN; TANGGUNG JAWAB, dan TANTANGAN;


Penjelasan lengkapnya silahkan lihat page github saya.

Selanjutnya kita juga evaluasi diri dan merefleksikan apa saja yang sudah kita pelajari dan kita capai hingga saat ini. Dengan adanya fase ini kita bisa lebih menilai diri kita sebenarnya sampai sejauh mana pemahaman kita, hal apa yang benar-benar sudah kita kuasai dan apa yang belum. 

5. Membuat Blog Post

Maka dari itu saya kembali menulis di blog ini setelah hampir 4 tahun vakum. Semoga dengan ikut program ini blog saya yang telah berlumut ini dapat dihidupkan kembali (lumayan hits sudah 10.000++).

Tidak ada komentar: