Minggu, 14 Agustus 2016

Review Week 2

Materi Pekan 2 Fase 0

Mempelajari JavaScript( ); 

Pekan kedua dari kelas online hacktiv8 membahas dan mengenalkan kepada kami apa itu javascript. Mungkin banyak dari kita yang sudah sering mendengar mengenai javascript(js), namun belum paham betul makhluk apa sebenarnya js itu.


Secara umum, materi yang kami dapatkan pekan ini adalah :

1. Mengenal JavaScript( );


Javascript adalah sebuah bahasa pemrograman yang memiliki banyak fungsi, mulai dari mengolah data dan angka, membuat objek, memahami logika, dll. Js sendiri banyak digunakan sebagai dasar dari aplikasi-aplikasi yang sering kita temukan. Berikut ini hal yang dipelajari mengenai js :
  • Memahami dan menggunakan dasar pemrograman dengan JavaScript
  • Memahami dan menggunakan struktur dan tipe data di JavaScript
  • Memahami berbagai sistem angka
  • Memahami dan menggunakan object dan JSON di JavaScript
  • Memanfaatkan code style guide untuk JavaScript
  • Memahami alur logika di JavaScript
  • Memahami function dan method di JavaScript

2. Mengenal Algoritma dan Pseudocode


Algoritma adalah sebuah terminologi yang bisa juga diartikan 'urutan dan logika'. Kita menggunakan algoritma sebagai dasar dalam pembuatan program. Program yang baik, proses pembuatannya akan diawali dengan penggambaran diagram algoritma mengenai program tersebut. Diagram itu akan berisi mulai dari awal program itu berjalan sampai tujuan akhir dari program tersebut. Disetiap bagian diagram akan ada penjelasan mengenai program tersebut. Apa yang akan dilakukan oleh program tersebut untuk setiap kasus harus ada penjelasannya dari diagram tersebut. Sehingga coder akan mudah memahami maksud, tujuan dan sifat program tersebut dan bisa membuat program code yang baik berdasarkan algoritma tersebut.

Pseudocode bisa dibilang sebagai bahasa manusia yang ditampilkan dalam format bahasa komputer. Tujuan dari pseudocode sama dengan algoritma, yaitu mempermudah pemahaman mengenai pembuatan suatu program.


3. Tugas Membuat Program


Setelah kita dianggap paham mengenai js, selanjutnya kita ditugaskan untuk membuat program atau aplikasi sebagai berikut :
  • Membuat fungsi matematika dasar
  • Membuat permainan suit lokal
  • Membuat daftar kontak sederhana
Meskipun aplikasi ini sederhana, ternyata dalam pembuatannya cukup rumit dan mengharuskan kita membaca banyak referensi. Disamping itu kita juga harus sabar diri jika menghadapi situasi yang menjengkelkan, misalnya : fungsi kita sudah betul namun ada masalah pada syntax(aturan penulisan). Sempat saya beberapa kali mengalami hal ini. :tired_face:

Selanjutnya kita juga evaluasi diri dan merefleksikan apa saja yang sudah kita pelajari dan kita capai hingga saat ini. Dengan adanya fase ini kita bisa lebih menilai diri kita sebenarnya sampai sejauh mana pemahaman kita, hal apa yang benar-benar sudah kita kuasai dan apa yang belum.


4. Membuat Blog Post


Maka dari itu pekan ini saya menulis lagi di blog mengenai summary kegiatan pekan ini. Sejujurnya banyak materi yang belum ter-rangkum, misalnya : pengenalan web literacy, open source, node.Js, babel, dll. Hanya saja saya merasa energi dan waktu untuk pekan ini tersedot oleh JavaScript, sehingga belum baca cukup banyak referensi mengenai hal itu. Akan saya update lagi mengenai hal tersebut pada blog post ini saat saya sudah paham mengenai semua itu. 

Tidak ada komentar: